Apa itu Visi dan Misi Perusahaan serta contohnya

Visi dan Misi Perusahaan

Visi adalah pandangan wawasan ke depan tentang sebuah perusahaan maupun kelompok organisasi lainnya. Sedangkan, misi adalah hal-hal yang harus dilakukan perusahaan atau organisasi kelompok lainnya dalam rangka mencapai tujuan bersama dan merealisasikan visi-visinya.

Visi mencakup :

  • Tulisan yang menyatakan tujuan atau cita – cita perusahaan atau kelompok organisasi lainnya. 
  • Tulisan singkat dan lugas yang mencantumkan arah perusahaan atau organisasi lainnya. 
  • Tulisan yang berisikan tujuan utama pendirian sebuah perusahaan atau organisasi lainnya.

Misi mencakup :


  • Penjabaran dari sebuah visi perusahaan atau organisasi lainnya. 
  • Langkah – langkah atau tahapan yang dirasa perlu untuk diusahakan perusahaan atau kelompok organisasi lainnya dalam rangka mencapai visi. 
  • Langkah – langkah yang ditujukan untuk merangsang tercapainya visi – visi perusahaan atau kelompok organisasi lainnya. 
Visi dan Misi Perusahaan
via oakbrook.ac.in

dari situ kita bisa mengetahui bahwa visi dan misi memiliki pengertian yang sangat berbeda satu sama lain, jika visi adalah tujuan, maka misi adalah rangkaian hal-hal yang dirasa perlu dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.
Itulah mengapa visi dan misi saling dikaitkan erat satu sama lain meskipun pengertiannya tidaklah sama, hal itu dikarenakan untuk mencapai sesuatu maka diperlukan usaha , begitu pula usaha yang dilakukan , usaha tersebut tidak akan berjalan teratur tanpa adanya tujuan untuk dicapai.
Visi dan misi perusahaan biasanya tertuang juga dalam slogan atau motto mereka. Jadi untuk mengetahui visi dan misi perusahaan atau kelompok organisasi, tidak harus melulu membaca daftar visi dan misi mereka yang terpajang di kantornya. Biasanya perusahaan memiliki slogan atau tagline yang berisikan visi misi mereka.

Beberapa contoh visi misi perusahaan yang tertuang secara eksplisit pada slogan mereka, adalah :

1. IKEA

Slogan : to create a better everyday life for the many people.
Brand IKEA ini secara tidak langsung mengatakan bahwa visi mereka adalah untuk mengupayakan kehidupan sehari hari yang lebih baik bagi banyak orang lewat berbagai produk furniturenya.

2. Universal Health Services, Inc

Slogan : to provide superior quality healthcare services that : patients recommend to family and friends, physicians prefer for their patients, purchaser select for their clients, employees are proud of, and inventors seek for long – term returns.
Pada intinya, perusahaan Universal Health Services memiliki visi dan misi bahwa kepuasan pelanggan, karyawan, mitra perusahaannya adalah yang utama. Karena kesuksesan akan mengikuti dibelakangnya. Caranya dengan menawarkan produk mereka yang mempunyai kualitas superior.

3. Tesla 

Slogan : to accelerate the world’s transition to sustainable energy.
Pada slogan ini perusahaan tesla mengungkapkan bahwa visinya adalah untuk mendorong dunia dalam hal perpidahan energi dari bahan bakar fosil ke bahan bakar yang lebih baik yang tidak beremisi , di masa depan.

4. Honest Tea

Slogan : to create and promote great-tasting , healthy , organic beverages.
Honest Tea mengungkapkan visi misinya dalam slogan mereka, dimana visi mereka adalah untuk mempromosikan minuman yang bercita rasa menakjubkan, sedangkan misinya terletak pada kata organic , dimana cara mereka untuk mewujudkan visi mereka tersebut adalah dengan membuat racikan minuman organik yang sehat dan bercita rasa menakjubkan.

5. LinkedIn

Slogan : be great at what you do.
Visi LinkedIn adalah mengupayakan kesempatan yang bersifat ekonomis bagi para membernya dalam dunia kerja.
Misinya adalah dengan mengkoneksikan para pekerja profesional untuk mendorong mereka agar lebih produktif dan sukses.

6. Google 

Visi : to provide access to the world’s information in one click.
Misi : to organize the world’s information and make it universally accessible and useful.
Dalam penjabaran visi misi tersebut Google mengemukakan visi misi nya secara gamblang dan lugas, bahwa visi misinya adalah mengupayakan akses terhadap berbagai macam informasi yang ada di dunia dalam sekali klik saja dengan cara mengolah berbagai informasi tersebut menjadi mudah diakses secara global.

7. Facebook 

Visi : people use facebook to stay connected with friends and family, to discover what’s going on in the world, and to share and express what matters to them.
Misi : to give people the power to build community and bring the world closer together.
Perusahaan facebook menjadikan interaksi sosial sebagai fokus utamanya. Hal itu terlihat pada visi mereka yaitu mengusahakan koneksi yang stabil antar penggunanya agar mereka dengan mudah berhubungan sosial dengan orang lain tanpa kendala lokasi atau waktu, dan membantu orang – orang untuk menemukan berbagai peristiwa penting di dunia. Caranya dengan membuka peluang bagi orang-orang untuk membangun komunitas dan berinteraksi satu sama lain tanpa memandang latar belakang negara tempat mereka berdomisili.

Itulah ulasan mengenai visi dan misi perusahaan , semoga pembahasan ini dapat menambah sedikit wawasan kita.

Terbaru.web.id

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Visi dan Misi Perusahaan serta contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel